Tumpukan Sampah Di Dekat Rumdis Bupati Dharmasraya Beraroma Tak Sedap, Dinas Terkait Tutup Mata

Tumpukan Sampah Di Dekat Rumdis Bupati Dharmasraya Beraroma Tak Sedap, Dinas Terkait Tutup Mata
Tampak tumpukan sampah yang terletak di dekat Rumdis Bupati. [WN]
Bagikan:

DHARMASRAYA,RedaksiSumbar.com – Tumpukan sampah yang terletak di dekat Rumah Dinas Bupati Kabupaten Dharmasraya sudah menimbulkan bau busuk. Ini sudah meresahkan masyarakat sekitarnya.

Menurut salah seorang warga KM 5 Nagari Sungai Kambut, Selvi (26) mengatakan, intansi terkait harusnya bertanggung jawab atas kebersihan lingkungan. “Bidang kebersihan yang ada di Kabupaten Dharmasraya harusnya mengangkat sampah-sampah tersebut, sebelum membusuk. Apalagi, jarak tumpukan sambah itu sangat dekat dengan rumah dinas bupati,” sebutnya.

Disamping itu, Ketua LSM LIDIK Kabupaten Dharmasraya, Danil, menegaskan sangat menyayangkan adanya tumpukaan sampah di belakang Rumah Dinas Bupati. Seharusnya, dinas terkait melakukan kontrol dimana terhadap adanya tumpukan sampah di Kabupaten Dharmasraya.

“Sesuai UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah bahwa, sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia atau proses alam yang berbentuk padat atau semi padat. Berupa, zat organik atau anorganik bersifat dapat terurai atau tidak dapat terurai, yang dianggap sudah tidak berguna lagi dan dibuang kelingkungan,” kata Danil.

Setelah dikonfirmasi Kepala Seksi (Kasi) Penyehatan Lingkungan, Pemukiman dan Air Bersih Dinas PU Dharmasraya, Mira, melalui telepon genggamnya mengatakan, dulu ada kontainer pengangkut sampah di jalan baru tersebut. Setelah itu, di tarik karena, dulu sudah ada larangan untuk membuang sampah di sana. Kalau sekarang masih ada tumpukan sampah disana, berarti masih ada masyarakat yang tidak mengindahkan himbauan tersebut.

“Walaupun begitu, nanti sampah-sampah itu kami angkat,” tegas Mira. [Nofshan/WN]

Bagikan:
Tags: ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan