Unik, Tenda Pramuka Ini Berkonsep Rumah Adat

Unik, Tenda Pramuka Ini Berkonsep Rumah Adat
Salah satu tenda yang menggunakan konsep adat dalam kegiatan jambore Pramuka tingkat Kecamatan di Koto Tangah. (Istimewa)
Bagikan:




PADANG, RedaksiSumbar.com – Kegiatan kemah Praja Muda Karana atau yang biasa disingkat Pramuka merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh sejumlah kalangan pelajar di berbagai tingkatan sekolah untuk mengenalkan para peserta didik dengan alam sekitar agar lebih peduli dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi.

Biasanya kegiatan tersebut dilaksanakan pada akhir pekan atau di masa liburan panjang agar aktifitas Proses Belajar Mengajar (PBM) siswa tidak terganggu. Kemah pramuka didirikan dalam bentuk tenda ataupun dome yang berisikan antara 5-7 orang. Namun, di Kota Padang, salah satu Gugus Depan (Gudep) Pramuka dari Kecamatan Koto Tangah memanfaatkan momentum kegiatan pramuka tersebut dengan mendirikan kemah pramuka yang berkonsep rumah adat.

“Semua Sekolah Dasar (SD) di Koto Tangah mengikuti kegiatan tersebut. Tenda dengan konsep adat merupakan upaya kita menonjolkan budaya Minangkabau. Sebenarnya bukan hanya tenda dengan konsep adat saja, melainkan kita juga menampilkan berbagai kesenian seperti pencak silat,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan (Disdik) Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat Nudarpen, Sabtu, 21 April 2018 malam.

Kegiatan kemah pramuka tingkat Kecamatan tersebut digelar dari Sabtu, 21 April 2018 hingga Minggu, 22 April 2018 dengan bekerjasama dengan salah satu organisasi kebencanaan yaitu RP2B Kota Padang.

Selain menonjolkan kesenian dan budaya, pada kegiatan tersebut juga dilakukan pemutaran film Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G 30 S/PKI) dengan tujuan agar para siswa mengetahui tentang keberingasan partai terlarang tersebut di masa lalu bagi pemerintahan Indonesia. [ADL]




Bagikan:
Topik: , , ,
Loading...