Untuk Transparansi dan Cegah Pungli, Polisi Bakal Terapkan E-Tilang | Redaksi Sumbar

Untuk Transparansi dan Cegah Pungli, Polisi Bakal Terapkan E-Tilang

Untuk Transparansi dan Cegah Pungli, Polisi Bakal Terapkan E-Tilang
Foto : Istimewa
Dibaca : 435 Kali
Bagikan:

PESISIR SELATAN, RedaksiSumbar.com – Satuan Lalu Lintas Polres Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) akan menerapkan sistem tilang (bukti pelanggaran) elektronik dalam waktu dekat ini. Sistem tilang eletronik ini dilakukan untuk mencegah kebocoran transaksi petugas terhadap pengendara.

“Senin, 20 Februari 2017 nanti akan diterapkan sistem tilang elektonik secara hunting bagi pengendara yang melanggar. Setidaknya ini mencegah adanya transaksi pungli antara petugas dengan pengendara,” jelas Kasatlantas Polres Pessel, Iptu Ganda Novidininggrat”

Menurutnya, dengan hadirnya sistem tilang elektronik di Indonesia, khususnya di wilayah hukum Satlantas Polres Pessel yang sebelumnya hanya dijalankan dengan sistem tilang manual. Sistem e-tilang akan membuat petugas kepolisian lebih transparan, sebab data pelanggar lalu lintas diisi melalui ponsel dan dijelaskan jumlah nominal denda yang dikenakan terhadap pengendara.

“Misal ada pengedara yang ditilang. Kemudian, petugas akan mengisi data-data pelanggar lalu lintas. Nanti besaran denda langsung muncul di dalam aplikasi itu,” terangnya.

Bagi pelanggar lalu lintas yang kena tilang, maka pengendara langsung melakukan pembayaran denda tilang secara langsung ke Bank BRI. Berapa besarannya pengendara tidak bisa mengelak, karena jumlah nominal yang tertera dan harus dikeluarkan sesuai aturan.

“Barang bukti pelanggar nantinya akan kita sita, setelah itu kendaraan di bawa ke kantor. Kemudian dia bayar tilang di BRI, setelah denda tilang dibayar, baru kendaraan dikembalikan,” katanya.

Kasat Lantas menerangkan, untuk penerapan sistem tilang elektronik ini, pihaknya telah melakukan pembinaan terhadap personel Satlantas Polres Pessel untuk bisa menindaklanjuti sistem e-tilang.

“Kita sudah melakukan pembinaan terhadap personel. Supaya hal ini sesuai dengan harapan kita dan bisa memberikan efek jera terhadap pengendara serta bisa menekan laka lantas di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan,“ tegasnya. [Rega Desfinal]

Bagikan:
Baca Juga :  Polres Pessel Terjunkan 30 Personel Pada Operasi Patuh 2017
Tags: , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close