UPT Pengujian Kendraan Bermotor Pasbar Utamakan Pelayanan Demi Capai Target

UPT Pengujian Kendraan Bermotor Pasbar Utamakan Pelayanan Demi Capai Target
Bagikan:

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar – Keselamatan sarana angkutan orang dan barang menjadi perhatian utama Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat. Untuk itu, Dinas Perhubungan tak hentinya meningkatkan kualitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor atau lazim disebut Uji Kir.

“Agar kualitas pelayanan dapat tercapai, Dinas Perhubungan melakukan inovasi sejak 2015 lalu dengan sistem pelayanan elektronik. Dengan pelayanan itu masyarakat akan lebih mendapatkan kemudahan, kecepatan dan transparansi “, kata Plt. Kepala UPT Pengujian, Roni Suryanto, Rabu (15/3/2017).

Lanjut Roni, UPT Pengujian KIR Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat ini bekerja sesuai dengan Perbup Nomor 6 Tahun 2017 tentang retribusi pengujian kenderaan bermotor.

Adapun Pengujian kata Roni, meliputi Uji Emisi, Sistem Rem, Sistem Lampu, Pit Lift dan Side Slip Tester (Pengetesan Roda Kemudi). Setelah itulah baru diketahui lulus tidaknya kenderaan bisa langsung diketahui lewat monitor yang ada di areal pengujian.

Dalam operasional pelayanan, UPT uji KIR Pasaman Barat menganut prinsip First in first out, maksudnya kendaraan yang pertama masuk itulah yang pertama dikerjakan, hal ini untuk memgantisipasi adanya kongkalingkong petugas.

Kepala Dinas Perhubungan Pasaman Barat, Andrinaldi, Senin (13/3/2017) di kantornya mengatakan, akan bekerja keras dalam melayani masyarakat yang ingin melakukan Uji Kelayakan Kendraannya.

“Kita akan upayakan peningkatan kedepan, karena Uji KIR ini salah satu Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pasaman Barat,” sebutnya.

Target Dishub Pasbar masih banyak kedepan, salah satunya akan mengusahakan adanya Mobil Pengujian KIR keliling. Yang tujuannya mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

“Kita sudah coba mengajukan mobil keliling pengujian kendraan, agar bisa dilakukan di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Pasaman Barat ini,” sebutnya. [Bisri Batubara]

Bagikan:
Tags: ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan