Wabup Pasbar Yulianto, Jangan Biarkan Masyarakat Kita Terancam | Redaksi Sumbar

Wabup Pasbar Yulianto, Jangan Biarkan Masyarakat Kita Terancam

Wabup Pasbar Yulianto, Jangan Biarkan Masyarakat Kita Terancam Dibaca : 373 Kali
Bagikan:

Wabup Pasbar : Demi Kesejahteraan Masyarakat, apapun kita lakukan. BPBD harus bersikap tegas.

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Terancamnya rumah warga atas hantaman abrasi sungai Batang Batahan di Jorong Kampung Baru, Nagari Batahan, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat sejak setahun yang lalu itu, baru mendapatkan tanggapan serius dari Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat.

Buktinya, Wakil Bupati Pasaman Barat, H. Yulianto, SH, saat di hubungi via telepon genggamnya dan pesan whatsappnya, Kamis (21/9/2017) mengatakan segera menindak lanjutinya. Karena, bagaimanapun mereka itu nyaman dan aman.

“Kita sudah koordinasi dengan BPBD Pasaman Barat terkait tiga rumah warga yang terancam itu. Kita akan segera turun, untuk dapat melihat langsung keadaan dan kondisi warga setempat,” tegas Yulianto.

Dalam pesan whatsapp Yulianto, pihak BPBD sudah meninjau dan memasukkan dalam daftar usulan ke pusat kemaren. “Dari anggaran APBD Tahun 2018 sudah di prioritaskan. Kalau untuk dana pusat belum dapat. Sementara, air sungai terus mengancam rumah, penanganan darurat tidak ada,” kata Yulianto sesuai pesan whatsappnya.

Selain itu dijelaskan Kepala BPBD Pasaman Barat, Try Waluyo, mengatakan bahwa, kalau dana tanggap darurat tidak bisa diperuntukkan untuk fisik.

“Tanggap darurat boleh diperuntukkan untuk jembatan sementara, hunian sementara, air bersih dan untuk bahan dapur umum,” terang Waluyo.

Untuk anggaran tahun 2018, kita akan perjuangkan. Agar, dilakukan normalisasi dan perkuatan tebing. “Kita juga sedang berusaha mendapatkan bantuan dana dari Pemerintah Pusat. Agar, pembangunannya bisa lebih besar dan masyarakat sekitar itu aman kembali,” tegas Waluyo.

Dijelaskan Waluyo, berdasarkan Permen PUPR No.20/2016, Sungai Batang Batahan termasuk ke dalam Wilayah Sungai (WS) Batang Natal – Batang Batahan yg merupakan kewenangan BWS Sumatera II di Medan.

Baca Juga :  Dipertuan Kinali Beserta Ninik Mamak Kinali Bersilaturrahmi Dengan Pemkab Pasbar Dan Kodim 0305/Pasaman

“Kami akan forwardkan semua poto dan kondisi lapangan sesuai isi berita ke yg berwenang. Mudah-mudahan ada tanggapan cepat dan bisa koordinasi untuk mencari solusi,” kata Waluyo.

Disamping itu, Kabid Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Sumatera Barat, Rumainur, dalam pesan SMS mengatakan masih mengumpulkan info. “Kita masih kumpulkan info,” katanya sesuai pesan SMS.

Secara terpisah, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Partai Golkar, Zigo Rolanda, meminta agar BPBD Kabupaten itu cepat menyurati BPBD ataupun pihak terkaitnya di Provinsi Sumatera Barat. “Kita siap mendampingi demi kesejahteraan masyarakat Sumatera Barat,” tegas anggota DPRD Provinsi termuda se Indonesia itu. [Red]

Bagikan:
Tags: , ,
Loading...
Solok Selatan dalam Berita

No Responses

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.

close