Wabup Sijunjung, Buka Bintek Pengendalian dan Evaluasi RKPD serta Bintek SIPD | Redaksi Sumbar

Wabup Sijunjung, Buka Bintek Pengendalian dan Evaluasi RKPD serta Bintek SIPD

Wabup Sijunjung, Buka Bintek Pengendalian dan Evaluasi RKPD serta Bintek SIPD
Wabup Sijunjung, Arrival Boy buka Bintek Pengendalian dan Evaluasi RKPD serta Bintek SIPD di Inna Muara Hotel Padang.
Dibaca : 76 Kali
Bagikan:




SIJUNJUNG, RedaksiSumbar.com – Wakil Bupati Sijunjung H. Arrival Boy membuka bimbingan teknis (Bintek) pengendalian dan evaluasi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) serta Bintek Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), di Grand Inna Muara Padang, Senin (10/4).

Bintek yang diselenggarakan aparatur Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPPEDA) Kabupaten Sijunjung, berlangsung dari Senin sampai Kamis (10-13) dan diikuti 74 peserta yang terdiri dari Kasubag Perencanaan, Kepala Tata Usaha, pejabat eselon IV yang membidangi perencanaan, evaluasi, data dan informasi pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pembukaan yang berlangsung sederhana, dihadiri kepala OPD, camat, nara sumber serta segenap panitia pelaksana dan seluruh peserta.

RKPD adalah dokumen perencanaan daerah untuk setahun yang merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang memuat rencana kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah daerah maupun dengan partisipasi masyarakat, kata Wakil Bupati Arrival Boy.

Secara umum dokumen perencanaan disusun dengan berpedoman pada data yang menggambarkan capaian kinerja serta rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya.

Karena itu, data yang disajikan harus cepat, tepat dan berkualitas. Justru itu, pengumpulan dan pengolahan data melalui SIPD merupakan salah satu cara dalam meningkatkan kualitas data dan informasi yang dibutuhkan.

Sedangkan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan RKPD merupakan salah satu amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 54 tahun 2010 yang harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah provinsi serta pemerintah daerah kabupaten dan kota yang pelaksanaannya meliputi pengendalian kebijakan RKPD, pengendalian pelaksanaan RKPD dan evaluasi hasil RKPD.

“Agar tujuan dan sasaran penyelenggaraan Bintek tercapai sebagaimana mestinya, saya berharap dan mengimbau seluruh peserta mengikuti dengan serius dan sungguh-sungguh, supaya ilmu yang diperoleh bisa dimanfaatkan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diemban,” harap Wakil Bupati Arrival Boy.

Baca Juga :  Irwan Prayitno : 68 Tahun Sijunjung Teruslah Bangkit

Kepala BAPPPEDA Kabupaten Sijunjung Febrizal Ansori selaku ketua pelaksana mengatakan, tujuan penyelenggaraan Bintek evaluasi RKPD dan SIPD adalah meningkatkan kapasitas dan kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam penyusunan, pengendalian dan evaluasi rencana pembangunan daerah, khususnya tentang tata cara pelaporan secara online terhadap capaian fisik dan keuangan pada masing-masing OPD.

Sedangkan sasaran yang ingin dicapai, terciptanya sumber daya aparatur yang berkualitas dalam menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah, sehingga dokumen yang disusun bisa menjadi pedoman pada tatanan pelaksanaannya.

Supaya tujuan dan sasaran tercapai, nara sumber yang menyampaikan materi, pejabat dari Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri serta Konsultan Simonev RKPD dari Jogyakarta, jelas Febrizal Ansori. [Ari Ayek]

Bagikan:
Tags: , , , , , , ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close