Wakapolres Tanah Datar Pimpin Apel Gabungan Operasi Zebra Tahun 2017

Wakapolres Tanah Datar Pimpin Apel Gabungan Operasi Zebra Tahun 2017
Apel gabungan Operasi Zebra 2017 Di Mapolres Tanah Datar. [istimewa]
Bagikan:

TANAH DATAR, RedaksiSumbar.com – Apel gabungan pasukan Operasi Zebra tahun 2017 dipimpin langsung oleh Wakapolres Tanah Datar, Kompol Hendra Syamri, SH, Rabu (1/11/2017) dihalaman Mapolres Tanah Datar.

Turut hadir apada apel gabungan itu, para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran, Satuan Kodim 0307/Tanah, Babinkamtibmas, Pol PP dan Dishub Kabupaten Tanah Datar.

Kapolres Tanah Datar yang di wakili Oleh Waka Polres Kompol Hendra Syamri dalam sambutannya mengatakan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya. Sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan bisa berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

“Perlu diketahui bersama, data jumlah kecelakaan lalu lintas pada pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2016 mencapai 2.623 kejadian, mengalami penurunan 518 kejadian kurang lebih 16%. Dibandingkan periode sebelumnya tahun 2015 sebanyak 3.141 kejadian. Korban meninggal dunia operasi zebra tahun 2016 sejumlah 649 orang,” ujarnya sesuai data Korlantas Polri.

Kita menyadari bahwa, dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas, kita tidak bisa berdiam diri. Melainkan, wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya, dalam hal ini menciptakan pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (Kamseltibcarlantas),” terangnya.

Guna mengatasi permasalahan lalu lintas itu lanjut Waka Kapolres, perlu dilakukan berbagai upaya untuk menciptakan situasi Kamseltibcarlantas dengan memberdayakan seluruh stakeholder. Agar, dapat diambil langkah yang komprehensif dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas.

Oleh sebab itu, diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam hal ini. Sehingga, tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas.

“Amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan adalah bagaimana untuk mewujudkan Kamseltibcar Lantas, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas, meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik,” jelasnya.

Keempat point diatas imbuh Waka Kapolres, merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh Polantas sendiri. Melalui sinergitas antar pemangku kepentingan, menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusi yang diterima. Lalu dijalankan oleh semua pihak dalam melaksanakan amanat undang-undang.

“Menyikapinya, diharapkan kepada seluruh stakeholder mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi, baik secara taktis, teknis maupun strategis. Agar, potensi pelanggaran, kemacetan serta kecelakaan lalu lintas yang terjadi bisa diminimalisir. Sehingga, tercipta Kamseltibcarlantas yang mantap, sebagai tindak lanjut kebijakan Nawa Cita Presiden Republik Indonesia yang dijabarkan dengan program prioritas Kapolri, yang disebut program Profesional, Modren dan Terpercaya,” urainya.

Dari pantauan, Dalam apel gelar pasukan itu, dilakukan penyematan pita pertanda dimulainya Operasi Zebra Singgalang 2017 kepada perwakilan dari Kodim, Anggota Satlantas, Dishub dan Pol PP. [Rey/Red]

Bagikan:
Tags: , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan