Wako Bukittinggi Lantik Satgas Saber Pungli

Wako Bukittinggi Lantik Satgas Saber Pungli
Bagikan:




BUKITTINGGI, RedaksiSumbar.com – Walikota M. Ramlan Nurmatias melantik Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kota Bukittinggi, di hall Balaikota Gulai Bancah, Selasa (07/02).

Walikota menjelaskan, Satgas Saber Pungli dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar. “Ini bentuk komitmen kami, mewujudkan pemerintahan bersih, dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Ramlan memaparkan, Satgas Saber Pungli Kota Bukittinggi dibagi dalam beberapa program kerja, diantaranya pokja intelijen, pencegahan, penindakan, yustisi, dan sekretariat, semuanya 58 orang.

Ramlan menegaskan, bagi pihak yang kedapatan melakukan pungli akan ditindak secara hukum pidana, “Sanksi hukum pidana bagi mereka yang kedapatan melakukan pungli, baik yang memberi maupun yang menerima,” tegasnya.

Wako Ramlan mengimbau seluruh masyarakat untuk ikut berperan menginformasikan apabila ada pungutan liar, “Segera laporkan kepada Satgas Saber Pungli, jangan memberikan peluang ke staf saya, lakukan sesuai mekanisme yang jelas, jangan melanggar hukum,” tegas Ramlan dengan mimik serius

Tim beranggotakan gabungan unsur Pemko, Polres, Kejaksaan, TNI dan Denpom tersebut berwenang membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungli, melakukan pengumpulan data dan informasi dari kementerian/ lembaga dan pihak lain yang terkait dengan menggunakan teknologi informasi, mengkoordinasikan, merencanakan dan melaksanakan operasi pemberantasan pungli, melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT), memberikan rekomendasi kepada pimpinan kementerian/lembaga serta kepala daerah untuk memberikan sanksi kepada pelaku pungli sesuai peraturan perundang-undangan, memberikan rekomendasi pembentukan dan pelaksanaan tugas lain unit Saber Pungli disetiap instansi penyelenggara pelayanan publik serta evaluasi pemberantasan pungli.

Dengan adanya tim Saber Pungli ini Ramlan berharap kantor pelayanan dapat lebih aktif mensosialisasikan tentang jenis palayanan yang berbayar dan pelayanan yang gratis. Lebih baik mencegah daripada memberantas. Dengan adanya saber pungli masyarakat punya alur untuk melaporkan terjadinya pungli. Termasuk pungutan liar diluar ketentuan yang ada. Parkir yang dipungut oleh petugas tidak resmi termasuk pungli. [Adek]

Bagikan:
Tags: ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan