Warga Desa Baru, Pasbar, Tuntut Pembangunan Jalan ke PTPN 4 Sumut Melalui CSR | Redaksi Sumbar

Warga Desa Baru, Pasbar, Tuntut Pembangunan Jalan ke PTPN 4 Sumut Melalui CSR

Warga Desa Baru, Pasbar, Tuntut Pembangunan Jalan ke PTPN 4 Sumut Melalui CSR Dibaca : 987 Kali
Bagikan:

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Puluhan mobil tangki Cruit Palm Oil (CPO) milik PTPN 4 Sumatera Utara di stop masyarakat Nagari Desa Baru, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Senin (20/3/2017). Masyarakat meminta pemilik CPO merealisasikan dana Corporate Social Responsibiliy (CSR).

Sejauh ini, PTPN 4 Sumatera Utara itu diduga lalai akan kewajibannya terhadap masyarakat sekitarnya. Padahal, akses satu-satunya perusahaan plat merah tersebut dari Nagari Desa Baru.

“Kita tidak akan memperbolehkan mobil tangki angkutan CPO tersebut lewat, sebelum pihak perusahaan merealisasikan permintaan masyarakat untuk membangun jalan utama yang berstandar angkutan di atas 20 ton,” ungkap Iwan, salah seorang yang ikut aksi menyetopan mobil tangki tersebut.

Dijelaskan Iwan, jalan utama Nagari Desa Baru ini belum layak dilalui mobil tangki CPO yang kapasitasnya di atas 8 ton. Sementara Pihak PTPN 4 Sumatera Utara ini enak saja melewatinya yang membuat jalanan menjadi rusak.

“Kita ini menuntut hak masyarakat, bukan sesukanya saja. Tapi yang jelas kita minta pihak PTPN 4 Sumatera Utara membangun jalan utama ini sesuai standar tonase angkutan CPO-nya,” tegas Iwan.

Saat dikonfirmasi, Manajer Kebun Timur PTPN 4 Sumatera Utara, Rabiullah, melalui telepon genggamnya mengatakan sudah pernah menyalurkan Progran CSR dengan membangun jalan utama dengan Aspal Hotmix, dan itu sudah terealisasi tahun 2014 lalu.

“Kita akan lanjutkan program itu ke depan, namun butuh perhitungan mendalam dan sesuai prosedur dan arahan pimpinan perusahaan,” katanya.

Penyetopan itu, lanjut Rabiullah, bukan sekali ini saja, tapi sudah pernah dilakukan mereka sebelumnya. “Kita pun tahu jalan itu kapasitas tonasenya tidak sesuai dengan tonase angkutan tangki CPO yang lewat,” ¬†jelasnya. [Bisri Batubara]

Bagikan:
Baca Juga :  Ketua DPD I Partai Golkar Sumbar, Hendra Irwan Rahim Hadiri Musda Partai Golkar Kabupaten Pasaman Barat
Tags: , , , , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close