Warga Serahkan Buaya Dilindungi ke BKSDA Agam

Warga Serahkan Buaya Dilindungi ke BKSDA Agam
Buaya yang telah dipelihara selama dua tahun oleh Amin di Agam harus diserahkan kepada petugas BKSDa karena termasuk hewan yang dilindungi. (Istimewa)
Bagikan:

AGAM, RedaksiSumbar.com – Warga Jorong Balai 1, Nagari manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyerahkan buaya muara jenis Crocodilus Porosus ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Agam, Senin, 19 Maret 2018.

Kepala Resor BKSDA Agam Syahrial mengatakan buaya tersebut diserahkan oleh Alim, 45, dan langsung dititipkan ke Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan Bukittinggi.

“Awalnya kami akan melepas liarkan buaya ini ke habitatnya namun, takutnya buaya ini mati dikarenakan diserang oleh buaya lain dan ia belum bisa mencari makan sendiri oleh sebab itu buaya ini kita titipkan. Buaya yang diserahkan warga tersebut berjenis kelamin jantan, sudah berumur dua tahun dengan panjang dua meter,” ujarnya saat ditemui, Selasa 20 Maret 2018.

Sebutnya, buaya tersebut telah dipelihara oleh Alim semenjak dua tahun yang lalu. Sehari-harinya, Alim memberi makan buaya tersebut dengan ikan.

“Buaya ini didapatkan oleh Alim dua tahun yang lalu dan waktu itu buaya ini masih kecil yang hanyut disungai dekat rumahnya. Hewan tersebut merupakan satwa yang dilindungi, oleh sebab itu BKSDA Agam mengimbau masyarakat agar tidak menangkap, mengangkut, memiliki, memelihara dan memperniagakan satwa dilundungi. Jika ada warga yang memeilihara segeralah untuk menyerahkan secara sukarela ke BKSDA,” imbaunya. [JNS]




Bagikan:
Topik: , ,
Loading...