Waspada Kanker Serviks Sejak Dini, Dinkes Agam Targetkan Seribu Wanita Ikut IVA Tes | Redaksi Sumbar

Waspada Kanker Serviks Sejak Dini, Dinkes Agam Targetkan Seribu Wanita Ikut IVA Tes

Waspada Kanker Serviks Sejak Dini, Dinkes Agam Targetkan Seribu Wanita Ikut IVA Tes Dibaca : 119 Kali
Bagikan:




AGAM, RedaksiSumbar.com – Demi mendeteksi sejak dini gejala kanker leher rahim atau disebut juga kanker serviks, Dinas Kesehatan (Dinkes) Agam menggelar pemeriksaan Visual Asam Asetat atau yang biasa dikenal IVA tes. Tidak tanggung-tanggung, Dinkes Agam menargetkan seribu ibu rumah tangga (IRT) se-Agam terlibat dalam tes ini.

“IVA tes ini digelar untuk mengetahui tanda-tanda dan gejala kanker leher rahim lebih dini. Sebab, kanker ini menjadi kelompok penyakit terbanyak menyebabkan kematian pada kaum ibu disamping kanker payudara,” ujar Kepala Dinkes Agam, Indra Rusydi saat ditabuhnya pencanangan Bulan Bakti Dasawisma TP-PKK se-Kabupaten Agam di Pusdiklat Regional IPDN Baso, Kamis (9/3).

IVA tes, jelas Indra, merupakan pemeriksaan sederhana, mudah dan tidak memerlukan biaya besar. IVA tes sengaja tidak membutuhkan dokter spesialis kandungan untuk melakukannya.

“Dilakukan oleh bidan dan tenaga dokter ahli. Jika ditemukan hasil pemeriksaan yang menunjukkan warna putih kemerah-merahan, maka akan diberikan saran tindaklanjut kepada yang bersangkutan,” jelasnya.

Indra menyebut, sampai saat ini kasus tersebut di Agam masih rendah. Karena tidak terdeteksi, sering diketahui setelah stadium lanjut. Misal, keputihan berlarut disertai pendarahan. Indra menargetkan bulan Maret ini terdapat 500 hingga 1.000 IRT yang memeriksakan diri ke Puskesmas.

“Kanker serviks sebenarnya dapat disembuhkan jika terdeteksi sedini mungkin. Untuk itu, para wanita disarankan untuk rutin melakukan skrining kanker serviks secara rutin. Setelah pencanangan Bulan Bakti Dasawisma di Baso ini, akan dilanjutkan di Puskesmas terdekat,” terang Indra.

Kegiatan IVA tes tersebut merupakan salah satu agenda dalam rangka melaksanakan 10 program pokok TP-PKK Agam dalam mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera. [Loni Hendri]

Bagikan:
Baca Juga :  Cegah Perayaan Valentine Days, Ini yang Dilakukan Dinas Satpol PP Agam
Tags: ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close