Wilayah Rawan Banjir Dan Longsor Di Pasbar Perlu Kewaspadaan

Wilayah Rawan Banjir Dan Longsor Di Pasbar Perlu Kewaspadaan
Kaban BPBD Pasbar, Tri Wahluyo. [IST]
Bagikan:




PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Badan Penanggulangan Bencana Derah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mengimbau masyarakat agar waspada terhadap bencana banjir maupun tanah longsor. Pasalnya, sama kita lihat tingginya instensitas hujan saat ini.

Kepala BPBD Pasaman Barat, Tri Wahluyo mengatakan, sejak sebulan terakhir cuaca dan intesitas hujan cukup tinggi. Sehingga, perlu diwaspadai, terutama yang tinggal di bantaran sungai.

Cuaca Ekstrem di Sumbar, Keadaan itu, katanya, berpotensi menimbulkan bencana alam, sehingga masyarakat harus berhati-hati dan selalu waspada. “BPBD Pasaman Barat telah melakukan beberapa langkah untuk lebih cepat informasi bencana banjir dengan menempatkan Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Relawan yang ada di setiap Nagari se Pasaman Barat,” katanya belum lama ini.

Wilayah yang berpotensi terjadi banjir merupakan kecamatan yang dialiri tiga sungai besar, di antaranya Kecamatan Lembah Melintang, Ranah Batahan, dan Kecamatan Sasak Ranah Pasisie. Sedangkan wilayah yang berpotensi longsor adalah Kecamatan Gunung Tuleh dan Kecamatan Talamau.

Upaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diingingkan saat hujan lebat, masyarakat yang melalui jalan-jalan pegunungan diingatkan lebih berhati-hati atau berhenti sebentar menunggu hujan reda.

Untuk wilayah potensi terjadi angin kencang dan abrasi adalah Kecamatan Sasak Ranah Pasisie dan Kecamatan Ranah Batahan. “Mengingat cuaca belakangan ini cukup ekstrem dengan hujan lebat disertai angin kencang, kami terus menyampaikan imbauan agar masyarakat lebih berhati-hati dengan ancaman bencana kapan saja bisa terjadi,” katanya.

Selain memberikan imbauan dan peringatan dini, BPBD Pasaman Barat juga menyebar nomor kontak Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) di spanduk maupun sticker untuk mempermudah masyarakat melaporkan jika terjadi bencana.

“Pemkab Pasaman Barat siap melakukan penanggulangan bencana dengan mempersiapkan beberapa personel yang terlatih yang disediakan oleh BPBD yang sudah tersebar di beberapa titik yang rawan dengan bencana banjir dan tanah longsor,” tuturnya.

Pihaknya juga berharap kerja sama masyarakat dengan pemerintah yang terkait agar bisa melakukan tindakan cepat dalam menangani musibah dengan tepat sasaran. [ZAL]

Bagikan:
Tags: , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.