Aparat Keamanan Tinjau Alat Keselamatan Kapal Pada Arus Mudik Lebaran

Aparat Keamanan Tinjau Alat Keselamatan Kapal Pada Arus Mudik Lebaran

TUAPPEJAT,RedaksiSumbar.Com–Menjelang lebaran arus penumpang kapal laut dari dan ke kepulauan Mentawai terus mengalami lonjakan yang cukup tinggi. Meskipun saat ini sudah ada tambahan kapal baik kapal penyeberangan Feri,Kapal Perinstis dan kapal cepat yang memakan waktu tiga jam pelayaran.

Untuk itu perlu diperhatikan kelayakan kapal dan alat keselamatan pelayaran bagi para penumpang.Kemaren Jumat 31/05-2019 adalah merupakan puncak kepadatan penumpang.Kegiatan turun naik penumpang di pelabuhan Tua Pejat berlangsung dari pagi hingga malam harinya.

Dalam rangka menciptakan keamanan dan antisipasi keselamatan penumpang aparat keamanan yang terdiri dari Kapolres,Dan Lanal,Ka Basarnas dan Kodim 0319 melakukan pengecekan keatas tiga kapal penumpang tersebut.

Kapolres Mentawai AKBP Hendri Yahya diampingi oleh Dan Lanal Letkol Laut Anis Munandar,Kepala Basarnas Mentawai Akmal dan Kodim 0319 melihat dan melakukan dialog langsung dengan krew dari masing-masing kapal.Satu persatu alat keselamatan penumpang dikapal tersebut diperiksa mulai dari jacket pelampung mesin sampai kepasa sekoci .

Kapolres beserta tim meminta kepada awak kapal untuk mentest sekoci dengan menyaksikan langsung olah gerak dari sekoci tersebut. Kapolres Mentawai AKBP Hendri Yahya mengatakan,pemeriksaan alat keselamatan ini guna memberikan rasa aman dan nyaman saat melakukan perjalanan.

Dikatakan Hendri, untuk pelayaran mudik gratis dengan kapal Perintis Sabuk Nusantara 68 calon penumpang cukup dengan membawa fotocopy KTP atau Kartu Keluarga untuk bisa mendapatkan ranjang diatas kapal.

Dikatakan Hendri,kita tidak ingin terjadi apa-apa pada penumpang kapal dengan jumlah penumpang yang melebihi standar.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Edi Sukarni mengatakan, untuk mencegah kepadatan penumpang selama mudik lebaran Dinas Perhubungan bersama Pemerintah Pusat menyediakan tiga kapal di dua pelabuhan laut dan penyeberangan.

Dijelaskan Edi ,untuk membawa 1.000 penumpang ada tiga kapal hari ini yaitu Kapal Perintis Sabuk Nusantara 68, Kapal fery KMP Gambolo dan kapal cepat Mentawai Fast. Disamping itu juga ada dua rute pelayaran yaitu rute antar pulau dan rute luar pulau..Untuk semua tujuan ini dijelaskan Edi tidak ada kendala dalam pemberangankatannya.(Daniwarti).

Loading...