Lima Jenis Ombak Surfing Yang Ada Di Kep.Mentawai 

Lima Jenis Ombak Surfing Yang Ada Di Kep.Mentawai 

Lima Jenis Ombak Surfing Yang Hanya Ada Di Kep.Mentawai 

MENTAWAI, RedaksiSumbar.com–Mentawai tidak hanya memiliki Pulau Pulau yang indah dan Budaya yang menarik untuk dikunjungi.Mentawai juga dikenal oleh para perselancar sampai keluar Negeri.Berikut Lima Ombak yang dimiliki Kep.Mentawai.

Hollow Trees atau Lance’s Right.Ombak yang terdapat di Mentawai ini berbentuk silinder sehingga disebutright tube. Meski tidak terlalu besar saat ombak ini datang, kamu punya 3 spot take off untuk mulai bermanuver ria di atas papan selancar.

Selanjutnya, bagian atas ombak akan pecah (peak) dan terhubung dengan barrels (gelombang ekstrem). Nah, saat muncul The Surgeon Table yang membuat peselancar berada di atas ombak tertinggi, kamu harus memiliki kemampuan untuk mengedalikannya. Hollow Trees kurang direkomendasikan untuk peselancar pemula maupun menengah.

Lances’s Left.Seperti halnya Lance’s Right atau Hoolow Trees, spot Lances Left juga terletak di ujung selatan Pulau Mentawai, tepatnya di Pulau Sipora. Ombaknya cukup kuat dan konsisten. Didukung oleh ombak dengan 2 karakteristik barrels berbeda. Lance’s Left sempat di daulat sebagai ombak paling indah di dunia.

Adanya perbedaan pada angin dan tekanan udara membuat ombak Lance’s Left ini membentuk spot take off dan barrels yang terbilang sempurna dan menakjubkan. Lance’s Left yang terdapat pada pantai di Mentawai dan bisa dijangkau oleh peselancar dengan kemampuan rata-rata atau menengah jika ombaknya tidak terlalu besar.

Telescope merupakan ombak kiri yang cukup konsisten dan stabil tapi harus dicapai dengan kapal menuju agak ke tengah laut. Momen terbaik untuk berselancar di sini adalah pada gelombang barat laut saat angina timur selatan bertiup.

Tinggi ombaknya 3-10 kaki dan menjadi sangat dangkal saat airnya surut. Sebaiknya, kamu berselancar saat ombaknya berada di pertengahan, yaitu dengan ketinggian 5-8 kaki. Mseki terbilang tinggi, ombaknya tidak terlalu menakutkan dan banyak peselancar yang ingin mencapai barrels.

Scarecows ini juga menwarkan spot surfing yang cocok untuk kamu yang punya kemampuan menengah dalam berselancar. Jenis ombak ini memilikizona take off kiri yang kemudian membentuk dinding gelombang dan menyambung dengan barrels yang langsung bergulung dengan cepat. Terlihat sangat menakjubkan kalau kamu bisa menaklukkannya.

Suicide, spot surfing yang satu ini menawarkan ombak setinggi 4-7 meter. Mengingat lokasi ombak ini jauh dari bibir pantai kamu harus naik kapal untuk untuk sampai ke ombak yang menjadi incaranmu. Bahkan, perjalanan menuju ombak dengan kapal pun cukup menegangkan karena ombak-ombak tersebut dengan sangat kuat mengombang-ambingkan kapal tumpanganmu.

Untuk bisa berdiri dengan stabil di tengah gulungan ombak, posisi paddling  turut mempengaruhi. Posisi ini berupa kayuhan tangan sesuai arah ombak dan dilakukan sambil tengkurap di atas papan selancar.

Bulan Juli dan Agustus menjadi bulan yang baik untuk menikmati Lima Ombak terbaik untuk Olahraga Surfing di Pulau Mentawai.

[Tim Liputan]

Loading...