Sungai Dibelakang PKS PT. USM Keruh Dan Kotor

Sungai Dibelakang PKS PT. USM Keruh Dan Kotor
Bagikan:




PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Sungai dibelakang pabrik kelapa sawit PT. Usaha Sawit Mandiri (USM) Simpang, Nagari Parit, Kecamatan Koto Balingka, Pasaman Barat keruh. Diduga, disebabkan oleh pabrik kelapa sawit.

Dihulu PKS PT. USM masih ada satu unit lagi PKS yaitu PT. Sawita Pasaman Jaya (SPJ). Keduanya sama-sama menggunakan sungai ini.

Menurut warga, Firda (46), Selasa (12/3/2019) mengatakan sungai yang dibelakang PKS PT. USM ini sangat keruh dan kotor. Sehingga warga tidak berani mandi disungai itu.

“Warga takut kalau mandi bisa mengakibatkan gatal-gatal. Karena, air sungainya keruh dan agak berbuih. Apakah itu akibat dari PKS, kita tidak bisa buktikan. Yang buktikan tentu pemerintah,” ucapnya.

Setelah dikonfirmasi Humas PKS PT. USM, Gusta, mengatakan tidak atas kondisi sungai tersebut. “kita akan cek dulu kelokasi,” katanya.

Secara terpisah ketua LSM Pelindas Pasaman Barat, M. Bisri Batubara mengatakan, sungai itu memang keruh dan kotor. Ini apakah akibat PKS atau tidak tentunya harus dibuktikan dengan laboratorium.

“Kita akan segera laporkan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pasaman Barat, agar bisa dibuktikan apakah berbahaya terhadap ekosistem sungai atau tidak,” tegas Bisri Batubara.

(Tim RedaksiSumbar)




Bagikan:
Loading...